Tuesday, July 24, 2018

Mountain semeru

      Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Desa Ranu Pani, Kecamatan, Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektar.

Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).
Danau Ranu Kumbolo menjadi surga bagi pecinta alam dan pendakian, memiliki keindahan alam yang sangat eksotik. Danau inilah jalur yang harus dilalui untuk Anda bisa mencapai puncak Gunung Semeru. Di Ranu Kumbolo terdapat tempat perkemahan. Tempat ini adalah salah satu titik berangkat untuk mendaki Gunung Semeru.

Terletak di ketinggian 2.400 mdpl, temperatur udara di Ranu Kumbolo sangat dingin, bisa mencapai minus 5 derajat Celcius pada malam hari, di tandai pada rumput-rumput dan tenda yang diselimuti embun yang berubah menjadi es.

Ranu Kumbolo terletak di antara Ranu Pani dan Gn. Semeru. Secara historis geologis, Ranu Kumbolo terbentuk dari massive kawah G. Jambangan yang telah memadat sehingga air yang tertampung secara otomatis tidak mengalir ke bawah secara gravitasi. Ranu Kumbolo hingga saat ini merupakan potensi obyek wisata yang menarik. Daya tariknya antara lain bahwa pada lapangan yang relatif tinggi dari permukaan laut terdapat danau/telaga dengan airnya yang jernih sehingga banyak menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Bagi para pendaki, Ranu Kumbolo, merupakan tempat pemberhentian/istirahat sambil mempersiapkan perjalanan berikutnya. Daya tariknya, di pinggir sebelah barat danau terdapat prasasti peninggalan purbakala. Diduga prasasti ini merupakan peninggalan jaman kejayaan Kerajaan Majapahit, namun hingga saat ini belum diperoleh kepastian. 

Khusus di perairan danau, kita dapat menyaksikan kehidupan satwa migran burung belibis. Bagi para pengamat lingkungan, Ranu Kumbolo sebetulnya merupakan laboratorium alam yang cocok bagi kegiatan penelitian dan observasi lapangan yang sarat dengan kandungan ilmu pengetahuan. Fasilitas yang ada di Ranu Kumbolo yaitu Pondok Pendaki (70 M2) dan MCK yang dimanfaatkan para pendaki untuk beristirahat, disamping terdapatnya lapangan yang relatif datar untuk sarana berkemah. Kebutuhan air dapat terpenuhi dari air danau.

0 comments:

Post a Comment